Kamis, 13 April 2017

Manfaat bunga matahari untuk kesehatan




Bunga matahari ( Helianthus annuus ) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika utara dan sekitar tahun 1919 mulai ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini biasanya terdapat di daerah pegunungan dan juga pada daerah yang mempunyai tingkat kelembaban yang cukup dan mendapat sinar matahari secara langsung.
 
Mungkin bagi sebagian orang mengenal bunga matahari tak lain adalah dengan makanan yang satu ini yakni kuwaci. Kuwaci atau yang terbuat dari biji matahari memang sudah akrab sekali ditelinga masyarakat dan bahkan mungkin hanya sedikit dari masyarakat yang mengetahui bahwa tumbuhan yang satu ini memiliki khasiat manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain:

Quercimeritrin, helianthoside ( A, B, C ), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.
Sedangkan pada bagian biji bunga matahari mengandung senyawa kimia seperti sitosterol, prostaglandin E, asam kiorogenik, asam quinat, phytin, dan benzopyrene. Kandungan dalam 100 g minyak biji bunga matahari terdapat lemak jenuh, lemak tak jenuh, seperti oleat dan linoleat, serta todak mengandung kolesterol.

Manfaat bunga matahari :





Cara penggunaannya dengan menumbuk halus hasil sangrai bunga matahari ( bagian dasarnya saja ). Aduk dengan tambahan minyak wijen secukupnya dan oleskan pada bagian yang sakit.


  • Dapat mengobati rematik


Cara penggunaanya adalah dengan merebus kepala bunga matahari secukupnya dengan 15 gram jahe merah hingga mengental. Kemudian tambah sedikit air putih dan tempelkan pada bagian yang terkena rematik setelah ramuan dingin.


  • Dapat mengobati bisul


Cara penggunaanya dengan cara menyangrai secukupnya bunga matahari hingga berwarna cokelat. Lalu tumbuk sampo halus dan aduk dengan minyak wijen secukupnya. Tempelkan pada bagian yang terkena bisul.


  • Mengobati Disentri


Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.


  • Mengobati Sakit Kepala


Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam ( jangan dipecahkan ). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa ½ gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.


  • Infeksi saluran kencing


Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.


  • Melancarkan buang air besar dan kecil  
 
Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15 - 30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya.



  • Dapat mengatasi tekanan darah tinggi


Cara penggunaanya adalah dengan merebus dasar bunga matahari, rambut jagung dan juga gula secukupnya. Tunggu sampai air rebusan hanya tinggal separuh. saring air rebusan dan minum ramuan selagi hangat.


  • Mengatasi masalah keputihan


Dengan cara merebus bagian tengah batang bunga matahari dengan beberapa buah angco merah dan beberapa buah angco hitam. Saring dan minum air rebusan yang sudah disaring dan buah angconya untuk dimakan.


  • Mengobati pusing


Cara penggunaanya adalah dengan menggiling biji bunga matahari yang sudah disangrai dan dikupas kulitnya. Setelah menjadi bubuk tambahkan gula pasir. Seduh ramuan tadi dengan air yang mendidih dan minum selagi hangat.


Wanita yang sedang hamil dilarang minum air rebusan matahari!!



Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping




Klik Disini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar